Peluang Usaha Keripik Pisang dengan Modal Minim

Peluang Usaha Keripik Pisang dengan Modal Minim

Peluang usaha keripik pisang masih janjikan untuk dicoba walau juga saat ini semakin banyak bermacam cemilan keripik yang banyak muncul. Pisang pada intinya adalah buah serba buat yang punyai kekuatan untuk diproses dengan bermacam langkah menjadi produk yang dapat datangkan keuntungan.

Dimulai dari olahan camilan sampai makanan berat. Pisang dapat dibuat jadi keripik, ceriping, sale, bolu pisang, pisang nugget, pisang goreng, dan makanan yang lain. Bahkan juga pisang jadi salah sebuah yang sering dipakai jadi variasi rasa atau toping untuk martabak manis, roti bakar, kue leker, juice buah, minuman coklat, pancake, pizza, dan makanan yang lain.

Peluang Usaha Keripik Pisang

Salah satu tipe olahan pisang yang terbanyak fansnya ialah keripik pisang. Seperti kita kenali bersama, keripik pisang adalah salah satunya cemilan yang sangat akrab di kelompok warga Indonesia. Tingginya kandung gizi pada buah pisang dan teksturnya yang gurih dan cita-rasanya yang bermacam, jadikan keripik pisang lumayan disukai beberapa customer.

Dibuat dari pisang 1/2 masak yang diiris-iris tipis selanjutnya dimasak sampai garing, saat ini cemilan keripik pisang mulai dikreasikan beberapa produsennya dalam bermacam variasi rasa. Tidak hanya rasa renyah orisinal saja yang dijajakan beberapa pebisnis cemilan keripik pisang, saat ini ada juga keripik pisang rasa balado, barbeque, rasa pedas, keju, jagung bakar, sampai keripik pisang rasa cokelat.

Untuk kamu beberapa pemula yang lagi mencari inspirasi usaha, kesempatan usaha keripik pisang dapat kamu coba. Lagi apa saja sich yang penting disiapkan untuk manfaatkan kesempatan usaha keripik pisang agar dapat datangkan keuntungan yang prospektif? Kesempatan ini kami akan bagikan penjelasan komplet mengenai penyiapan untuk coba kesempatan usaha keripik pisang. Yok baca penjelasan secara lengkap di bawah ini!

Konsumen Usaha Keripik Pisang

Ingat buah pisang mempunyai kandung nutrisi yang baik sekali, beberapa orang yang menyukai bermacam produk buatan pisang. Diantaranya saja seperti cemilan keripik pisang yang dapat dicicipi seluruh kelompok warga. Usaha keripik pisang dapat mencapai pasar yang luas.

Dimulai dari beberapa anak sampai orang dewasa menjadi sasaran customer yang akan kamu incar sebab produk cemilan keripik pisang ini dapat dimakan semua umur. Tetapi jika produk keripik pisang yang kamu jual lebih detil seperti keripik pisang pedas, kamu dapat mengarah beberapa anak muda seperti pelajar dan mahasiswa.

Keunggulan

Buah pisang punyai kandung yang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Tidak hanya itu saja, buah pisang memiliki kandungan bermacam tipe vitamin. Dimulai dari vitamin C, vitamin B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif selaku neurotransmitter dalam memberikan dukungan kelancaran peranan otak. Jadi tidak bingung jika keripik pisang jadi salah satunya cemilan yang disukai beberapa orang.

Dapat disebutkan pecinta keripik pisang lumayan banyak, tentu saja kesempatan usaha keripik pisang benar-benar terbuka lebar dan pasarnya luas. Kamu dapat membuat pengembangan dengan tawarkan bermacam variasi rasa keripik pisang dan branding produk kamu lewat paket keripik yang unik dan eye catching.

Kekurangan

Walau keripik pisang disukai banyak customer dan dapat bertahan dalam saat yang lumayan lama, kamu harus memerhatikan kompetisi pasar dalam usaha camilan yang makin hari semakin bersaing. Untuk mengakali kompetisi pasar, kamu harus memberi nilai lebih yang tidak dipunyai beberapa pesaing.

Misalkan kamu dapat perbanyak variasi rasa keripik pisang, branding dengan paket yang tarik, tawarkan harga yang berkompetisi, dan memberi bonus spesial untuk beberapa konsumen setia yang pesan dengan jumlah spesifik. Makin memikat penawaran yang kamu beri, karena itu makin besar minat calon customer untuk lakukan pembelian.

Resep Usaha Keripik Pisang

Di dunia usaha kulineran kompetisi rasa ialah hal yang tidak bisa dihindarkan. Kunci keberhasilan dalam coba kesempatan usaha keripik pisang diantaranya ialah cita-rasa yang sesuai hasrat pasar.

Oleh karena itu kamu harus mengolah resep keripik pisang dengan keunikan tertentu dan dicintai oleh customer. Di bawah ini resep yang biasanya digunakan dalam membuat keripik pisang buat kamu bangun.

Bahan Kripik Pisang

  • 1 sisir pisang kepok 1/2 masak (tentukan yang telah tua)
  • Air bersih 1 ltr
  • Minyak goreng seperlunya
  • Kapur sirih 1 sdt
  • 1 kg gula pasir dicampurkan dalam 5 gelas air (untuk keripik pisang rasa manis)
  • Bubuk bumbu (rasa balado, barbeque, jagung bakar, keju, coklat bubuk, dll)
  • Bumbu yang dilumatkan (untuk keripik pisang rasa asin) : 5 biji bawang putih, 1 sdm garam dapur, 1 ½ sendok makan ketumbar, 2 cm kunyit, 3 butir kemiri, dan penyedap rasa seperlunya

Cara Membuat Kripik Pisang

  1. Kupas pisang selanjutnya diiris-iris tipis-tipis (tebal 2–3 mm) secara memanjang, bundar, atau membentang. Tampung dalam ember perendaman untuk menghindar proses oksidasi enzim fenolase yang ada pada getah pisang.
  2. Potongan pisang dipendam di air bersih yang sudah digabung kapur sirih, rendam sepanjang 10 menit yang lalu ditiriskan. Campur sama air gula atau bumbu lembut sesuai tipe keripik yang akan dibikin, apa asin atau manis.
  3. Goreng pisang memakai minyak yang lumayan banyak hingga seluruh bahan tergenang. Setiap 1 kg potongan pisang memerlukan 3 ltr minyak goreng. Sepanjang penggorengan kerjakan pengadukan secara pelan-pelan. Penggorengan dikerjakan sampai kripik cukup kering dan garing.
  4. Hasil penggorengan pertama ditiriskan dengan memakai peniris minyak sampai kandung minyak pada keripik menetes habis. Seterusnya untuk menambah variasi rasa yang bermacam, tambah bumbu seasoning rasa seperti balado, keju, barbeque, strobery, coklat, dan yang lain.
  5. Masukan keripik pisang dalam plastik paket standing pouch. Dapat plastik atau aluminium foil ziplock jika kamu belum punyai mesin hand sealer.
  6. Produk keripik pisang siap ditawarkan.

Analisa Modal Usaha Keripik Pisang

Dalam analisis modal di bawah ini diperuntunkan untuk usaha keripik pisang rasio rumahan. Jadi modal yang diperlukan tidak besar. Di bawah ini analisis modal usaha keripik pisang yang dapat kamu buat jadi kisah saat sebelum mengawalinya.

Investasi Awal

  • Kompor + Tabung Gas Rp300.000
  • Wajan Besar Rp100.000
  • Mesin Slicer Rp400.000
  • Baskom Rp50.000
  • Alat yang lain Rp85.000
  • Keseluruhan Investasi Awalnya Rp935.000

Operasional Per Bulan

  • Bahan baku lebih kurang Rp200.000 /hari x 25 Hari Rp5.000.000
  • 7 tabung gas per bulan Rp20.000 x 7 tabung Rp140.000
  • Paket Rp400.000
  • Transportasi, listrik, dan pulsa satu bulan Rp 500.000
  • Ongkos yang lain Rp604.000
  • Keseluruhan Ongkos Operasional Per Bulan Rp6.644.000

Pendapatan Per Bulan

  • Keripik pisang dipasarkan Rp13.000/100 g
  • Rerata pemasaran /hari 30 buntel keripik
  • Pemasaran per bulan Rp13.000 x 30 buntel x 25 hari) Rp9.750.000

Laba Bersih Per Bulan

Pendapatan – Biaya Operasional
Rp9.750.000 – Rp6.644.000
Laba = Rp3.106.000

ROI (Return of Investment)
Investasi Awal : Laba Bersih Per BulanRp935.000 : Rp3.106.000 = 0,3 karena itu dalam waktu kurang dari 1 bulan bisa balik modal.

Itulah penjelasan mengenai peluang usaha keripik pisang yang dapat kamu buat jadi rujukan untuk mengawali usaha. Mudah-mudahan tulisan ini dapat berguna buat kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *