Pakar SEO Internet Marketing

Petrus Soeganda sedang membahas Pakar SEO Internet Marketing. Ya untuk menjadi seorang pakar tidaklah mudah. Sebelumnya kita membahas dulu arti dari kata Pakar itu sendiri.

Menurut Wikipedia :
Pakar atau ahli ialah seseorang yang banyak dianggap sebagai sumber terpercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, sesuai dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khayalak dalam bidang khusus tertentu

Jika dikatakan pakar SEO itu artinya orang tersebut mempunyai keahlian diatas rata rata dari semua orang yang hanya sekedar paham dan tahu tentang optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization).

Belajar dari Video Pakar SEO Internet Marketing

Pada video yang saya buat di atas ini menjelaskan kalau seorang pakar itu paling tidak ada 3 unsur ini, yaitu :

  1. Harus punya kemampuan (Bukan diilmu dasar tapi sudah menengah ke atas
  2. Harus terus belajar (Menaikan Kemampuan)
  3. Harus Praktek (Suka akan ujicoba dan berani akan tantangan)

Sebenernya ilmu SEO itu tidak rumit kalau kita tahu pondasi dasarnya. Nanti tinggal dikembangkan saja, Ilmu dasar SEO itu di Kata Kunci yang diletakan di Judul. Kata kunci yang disisipkan di deskripsi dan kata kunci yang ditambahkan di TAG. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan kalau pondasi dasar ini Anda kuat.

Ibarat membangun suatu bangunan ini adalah hal dasar yang mungkin tidak terlihat, tetapi tetap ada dan sesuatu yang wajib dilakukan.

Kata Kunci Pada Judul

Punya peran penting supaya apa yang Anda tuliskan dan buat dapat teroptimasi oleh mesin pencari. Mesin pencari pertama kali membaca artikel kita itu dari Judul. Perlu diletakan Kata Kunci (Keyword) pada judul / title

Pakar SEO : Bagaimana Judul Punya Peran Penting SEO

Yang kita lihat dari gambar di atas adalah : (TULISAN BERWARNA BIRU) adalah Pembicara Internet Marketing | Petrus Soeganda, itu merupakan judul dari halaman yang pernah saya buat di web ini.

Saya ingin setiap orang saat mereka mencari kata kunci : Pembicara Internet Marketing di Google, web saya bisa muncul di hasil pencarian. Jika Anda membuat Judul ada yang Anda harus perhatikan, yaitu jangan lebih dari 70 karakter. Juga perhatikan AUKK (Ada Unsur Kata Kunci)

Kata Kunci Pada Deskripsi

Saat kita lihat hasil pencarian di mesin pencari, kita juga akan menemukan rangkaian kata dalam deskripsinya. Biasanya hasil pencarian akan di tebalkan (BOLD) sesuai dengan Kata Kunci yang disisipkan dalam deskripsi.

Kata Kunci Dalam Deskripsi

Kalau kita lihat gambar di atas ini, maka yang diwarnai abu abu itu adalah deskripsi. Panjang deskripsi yang terekam oleh mesih pencari sebanyak 160-300 karakter. Nah dari jumlah ini kita harus memanfaatkan untuk menyusun kata kunci tersebut.

Bagaimana meningkatkan kemampuan untuk menjadi pakar SEO

Hanya satu jawabannya…ini menurut versinya Petrus Soeganda yah, yaitu dengan cara terus belajar untuk meningkatkan kemampuan. Di sini orang yang dikatakan ahli harus melakukan pengulangan pengulangan supaya mereka mereka bisa ahli di bidangnya. Jika Anda seorang web developer, sudah tentu setiap website yang Anda buat harus bisa menembus SERP Google. Bukan hanya dari satu kata kunci tapi usahakan bisa kuat di beberapa kata kunci.

Seringkali seorang web developer lepas tangan alias lepas tanggung jawab saat web yang mereka buat sudah selesai projectnya. Jangan sampai kita melepaskan klien begitu saja dan berusaha seorang diri untuk bisa menembus mesin pencari. Kasihan rasanya melihat mereka harus berdarah darah dalam berjuang sendirian. Bantulah mereka dan usahakan memberi pelayanan terbaik sebagai digital marketer

Adakalanya kita dibayar supaya bisa page one di mesin pencari. Yes itu bagus banget kalau jasa dan usaha kita dihargai oleh mereka, tapi sekali lagi biasanya yang kami lakukan adalah tetap mengoptimasi web klien supaya tetap bisa menembus hasil pencarian terbaik.

Apa yang membuat seorang pakar SEO berhasil

Faktor keberhasilan seorang pakar SEO adalah dari hasil -hasil yang dia kerjakan baik berupa website klien yang dioptimasikan oleh dia maupun website milik pribadinya yang juga sudah pasti dikelola sendiri. Web klien tentu akan berkompetisi dengan kata kunci yang juga dipakai oleh kompetitor dari klien tersebut. Ambil contoh untuk kata kunci : Jadwal Training Sekretaris

Jadwal Training Sekretaris

Dikata kunci ini dengan jelas kalau kata kunci tersebut diperebutkan oleh 3 website yang menggincar kata kunci tersebut. Tentu jika ada diurutan nomor 1 SERP akan bisa membuktikan kalau hasil kerja kita dalam menjadi pakar SEO tidak lah percuma.

SEO itu MUDAH…MUDAH jika dipelajari dengan tekun. MUDAH jika kita sabar. MUDAH jika kita tau apa yang diinginkan mesin pencari. MUDAH jika kita beruntung dan tentunya MUDAH-MUDAHan masuk halaman satu

Rumus SEO = 10% usaha 90% keberuntungan

Pakar SEO untuk optimasi website

Agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari sebuah website harus dioptimasi. Ada baiknya setiap membuat website harus dipersiapkan dulu kerangka kerjanya. Apa yang akan ada di halaman awal atau pembuka. Apa saja yang akan ditulis atau diposting di halaman selanjutnya. Jika ini adalah website yang menjual produk atau jasa, apa saja yang harus dimasukan di halaman tersebut. Itu butuh keahlian dan butuh format SEO yang sesuai. Kita sebagai pembuat website tidak bisa memasukan sembarang artikel atau sembarang gambar kedalam web tersebut.

Optimasi website supaya ramah mesin pencari

Apa yang kita kerjakan harus ramah dengan mesin pencari, dikarenakan kita punya kepentingan supaya bisa masuk dan bertengger di sana. Ikut aturan “TUAN RUMAH” adalah sesuatu yang wajib diketahui dan dipahami oleh Pakar SEO.

Ada hal penting yang kita harus pahami supaya website kita ramah mesin pencari adalah kita harus mengutamakan riset kata kunci.