Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online maupun konvensional tentu sama-sama memiliki resiko yang besar. Oleh sebabĀ itu, perencanaan yang matang serta mendetil sangat penting di lakukan. Terkadang, saking seriusnya para pelaku bisnis dalam merencanakan ide bisnisnya, ia sampai melupakan hal-hal tertentu yang justru dapat membuat bisnisnya gagal. Apa sajakah kesalahan-kesalahan itu?

1. Terlalu berorientasi untuk mencari keuntungan semata

Semua orang mungkin memiliki pikiran yang sama, bahwa sebuah bisnis di lakukan tentu yang utama adalah untuk mencari keuntungan. Orientasi kepada keuntungan ini, terkadang membuat banyak pihak lalu mengesampingkan kepentingan konsumen. Akibat hanya memikirkan keuntungan saja, hal-hal lain yang lebih teknis justru tidak di pikirkan secara matang. Misalnya saja, pelayanan yang kurang memuaskan, kualitas barang yang buruk, serta mengabaikan kepentingan konsumen yang lainnya. Hal tersebut akan membuat bisnis anda gagal karena konsumen yang kecewa akan meninggalkan produk anda. Maka cara terbaik saat memulai bisnis, kesampingkan dulu keinginan yang berlebihan untuk mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Upayakan dulu mengenai kualitas barang dan pelayanan anda, maka konsumen akan mencintai produk anda.

2. Kurang loyal kepada konsumen

Biasanya pelaku bisnis yang berhasil menjual produknya dengan jumlah besar akan merasa puas dan merasa bahwa bisnisnya telah sukses. Anggapan tersebut tentu keliru, karena keberhasilan penjualan di awal belum tentu akan menghasilkan keuntungan yang sama pula pada tahun-tahun berikutnya bisnis anda. Yang perlu anda pikirkan adalah membuat konsumen anda kembali membeli produk anda berikutnya. Hal ini tentu menuntut anda untuk membuat konsumen puas dengan produk yang pertama sehingga mereka tidak akan lari kepada kompetitor anda. Lalu bagaimana cara mempertahankan konsumen anda? bersikaplah loyal kepada mereka, misalnya saja dengan memberikan penawaran khusus berupa diskon atau pemberian garansi.

3. Terlalu takut mengalami kegagalan

Tahukah anda bahwa menurut survei dari sebuah media ternama Amerika menyebutkan bahwa 80% sebuah usaha akan mengalami kegagalan di tahun pertama. Ini memang merupakan masa-masa tersulit dalam menjalankan sebuah usaha. Maka dari itu, sebuah bisnis tidak dapat di katakan sukses atau gagal hanya dalam waktu satu tahun. Tahun-tahun berikutnya lah yang akan lebih menentukan. Oleh sebab itu, janganlah takut gagal dan merasa pemisis dengan bisnis anda jika di tahun pertama bisnis anda tidak mengalami kemajuan apapun. Ketika anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, maka ketika itu pula anda siap menerima kegagalan. Lakukan terus inovasi terhadap produk yang anda, lalu buatlah perencanaan-perencanaan agar bisnis anda dapat berjalan lebih maksimal di tahun berikutnya.

4. Salah memperhitungkan kualitas karyawan atau partner bisnis

Ini mungkin menjadi kesalahan yang paling banyak di lakukan oleh pelaku bisnis konvensional di bandingkan dengan pelaku bisnis online yang lebih banyak bekerja sendiri. Jika sudah memiliki bisnis dengan sistem yang cukup besar maka anda membutuhkan beberapa pegawai tambahan untuk menjalankan roda bisnis. Namun yang perlu diingat adalah Anda tidak boleh terpaku untuk memilih pegawai baru dengan hanya melihat latar belakang pendidikannya saja. Kenyataannya, banyak sekali lulusan perguruan tinggi ternama yang memang belum siap menghadapi dunia kerja. Memiliki pegawai dari latar belakang pendidikan ternama memang membanggakan tapi hal itu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sebaiknya Anda memilih pegawai berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dengan mempertimbangkan pengalaman dan juga kinerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *