Cara Promosi Online Shop yang Tepat Melalui Instagram

Cara Promosi Online Shop yang Tepat Melalui Instagram

Cara Promosi Online Shop yang Tepat Melalui Instagram

Semakin berkembangnya ilmu serta teknologi yang semakin mumpuni, membuat masyarakat Indonesia juga lambat-laun mulai melek teknologi. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya penggunaan media sosial di Indonesia. Menurut survei dari beberapa media ternama, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk yang paling banyak menggunakan sosial media seperti facebook dan twitter. Maka ketika pada tahun 2013 muncul instagram yang merupakan sebuah media sosial baru, instagram langsung saja diserbu dan banyak digunakan oleh masyarakat kita.

Banyaknya pengguna instagram di Indonesia, kemudian membuat para pelaku online shop turut hadir juga untuk meramaikan media sosial ini, di samping tentu saja mencari keutungan untuk mempromosikan produk-produknya. Namun ternyata masih banyak online shop yang gagal melakukan promosi melalui media sosial instagram ini. Bisanya mereka kurang memperhatikan kesalahan-kesalahan sebagai berikut:

1. Melakukan posting tanpa format dan jadwal

Untuk membangun kepercayaan para konsumen, ada baiknya sebelum melakukan posting, buatlah perencanaan yang baik serta format yang rapih. Hal ini akan memperlihatkan online shop terlihat lebih profesional di mata konsumen.

2. Foto yang tidak menarik

Instagram sebagai media dengan kelebihan dalam hal posting foto, hal ini juga harus dapat dimanfaatkan. Misalnya dengan memasang foto yang unik dan kualitas foto yang baik agar konsumen tertarik dengan produk yang dipasarkan. Usahakan untuk menggunakan foto real bukan hasil comot dari google atau situs lainnya.

3. Terlalu banyak menjual produk

Sebenarnya tidak ada salahnya jika anda menjual banyak produk, asalkan itu masih dalam satu jenis. Tetapi jika sudah berbeda jenis, maka akan terlihat kurang menarik di mata konsumen. Bayangkan jika anda menjual kosmetik, gedget, sepatu, dan camilan, dalam satu akun tentu akan membingungkan konsumen.

Nah, untuk mengatasi hal-hal tersebut, berikut cara promosi online shop yang tepat untuk instagram anda:

Melakukan update secara berkala

Lakukan update secara berkala dengan konten yang rapih dan menarik. Hal ini tentu akan menarik perhatian konsumen untuk melihat produk anda secara lebih serius. Namun jangan juga terlalu sering update dengan jumlah posting yang terlalu banyak dalam satu waktu sekaligus. Ini justru akan membuat konsumen bosan dan lebih buruk lagi, mungkin akan melakukan unfollow pada akun anda.

Posting foto dengan kualitas yang baik

Foro sebagai hal utama yang pasti akan sangat diperhatikan oleh konsumen, membuat anda juga harus memperhatikan setiap kali akan melakukan posting. Pilih foto terbaik dengan kualitas tingga dan tentu saja foto itu harus unik. Untuk menambah kepercayaan konsumen, selalu gunakan real pict dari produk anda dan jangan melakukan manipulasi pada foto tersebut. Buatlah foto sesuai dengan barang aslinya, sehingga konsumen tidak merasa tertipu jika membeli produk tersebut.

Captions dan hashtag

Tidak hanya foto yang berkualitas, penggunaan captions dan hashtag juga sangat berpengaruh dalam hal promosi produk. Gunakan captions yang menarik namun tetap singkat, jelas, dan padat, karena jika terlalu panjang konsumen juga akan malas membacanya. Penggunaan hashtag yang sesuai dengan produk membuat produk anda akan sangat mudah ditemukan oleh konsumen lainnya. Gunakan maksimal 30 hashtag pada setiap kali posting foto.

Memanfaatkan pengguna lain sebagai promotor

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mempromosikan akun instagram online shop anda. mulai dari yang gratis hingga berbayar. Yang gratis misalnya dengan hashtag atau berkerjasama dengan akun lain untuk saling mempromosikan. Sedangkan yang berbayar dapat anda lakukan dengan metode paid promote yaitu membayar akun lain yang jumlah followersnya banyak, atau yang sedang trend saat ini yaitu dengan cara memanfaatkan jasa endoresement.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *