5 Pertanyaan Interview Yang Selalu Ditanyakan

Petrus Soeganda

Pemasaran Digital SMKN 9

5 Pertanyaan Interview Yang Selalu Ditanyakan

Saat interview kerja, HR seringkali mengajukan beberapa pertanyaan umum untuk mengevaluasi kandidat. Namun, ada 5 pertanyaan khusus yang sering dianggap sepele oleh kandidat, namun sebenarnya memiliki dampak besar pada penilaian HR loh. Berikut pertanyaannya:

1. Pertanyaan: “Ceritakan Tentang Diri Anda.”
TIPS JAWABAN
: Jelaskan perjalanan pendidikan dan pengalaman kerja kamu dengan fokus pada kualifikasi yang relevan untuk posisi tersebut.

Contoh Jawaban: “Saya lulus dari [Nama Universitas] dengan gelar dalam [Bidang Studi]. Saya memiliki pengalaman kerja di [Industri/Perusahaan Sebelumnya], di mana saya berhasil [Pencapaian Penting]. Saat ini, saya sangat antusias untuk membawa keterampilan dan pengetahuan saya ke [Nama Perusahaan] sebagai [Posisi yang Anda Lamar].”

2. Pertanyaan: “Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Sebelumnya?”
TIPS JAWABAN : Hindari menyebutkan hal negatif dan fokus pada mencari peluang baru atau pengembangan keterampilan.

Contoh Jawaban: “Saya merasa bahwa saya telah mencapai titik di [Perusahaan Sebelumnya] di mana saya ingin mencari tantangan baru dan memperluas keterampilan saya. Saya yakin bahwa [Nama Perusahaan] adalah tempat yang tepat untuk perkembangan karir saya.”

3. Pertanyaan: “Apa yang Menarikkan Anda dari Posisi Ini?”
TIPS JAWABAN : Jelaskan bagaimana posisi tersebut cocok dengan keahlian dan aspirasi karirmu.

Contoh Jawaban: “Saya tertarik dengan [Nama Perusahaan] karena reputasinya yang sangat baik dalam [Industri]. Saya melihat bahwa posisi ini menawarkan peluang untuk [Mengembangkan Keterampilan/Memberikan Kontribusi Langsung], sesuai dengan minat dan pengalaman saya.”

4. Pertanyaan: “Apa Kekuatan dan Kelemahan Anda?”
TIPS JAWABAN: Fokus pada kekuatan yang relevan dengan posisi dan berikan contoh konkret. Saat menyebutkan kelemahan, tunjukkan kesadaran diri dan kemauan untuk belajar.

Contoh Jawaban: “Salah satu kekuatan saya adalah kemampuan saya dalam [Keterampilan Terkait Posisi]. Sebagai kelemahan, saya kadang-kadang terlalu perfeksionis. Namun, saya terus belajar untuk menemukan keseimbangan dan menerima bahwa kesempurnaan tidak selalu diperlukan.”

5. Pertanyaan: “Apa Harapan Gaji Anda?”
TIPS JAWABAN: Lakukan riset gaji terlebih dahulu dan berikan kisaran yang realistis. Jika dimungkinkan, tanyakan apakah ada kisaran gaji yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Contoh Jawaban: “Saya telah melakukan riset tentang kisaran gaji untuk posisi ini dan berdasarkan pengalaman dan kualifikasi saya, saya berharap dapat bernegosiasi dalam kisaran [Sebutkan Kisaran Gaji]. Namun, saya juga sangat tertarik untuk mendengar perspektif perusahaan terkait hal ini.”

Sharing is caring

Also Read