4 Cara Membangun Branding Bisnis Melalui Website

4 Cara Membangun Branding Bisnis Melalui Website

4 Cara Membangun Branding Bisnis Melalui Website

Sebuah branding yang baik haruslah dapat mencitrakan bisnis yang anda geluti dalam berbagai hal. Hal ini untuk ini untuk memperlihatkan kekonsistenan merk dagang anda kepada konsumen. Nah, merk yang baik tentunya harus dapat juga mengkomunikasikan ide dari sebuah perusahaannya. Agar dikenal oleh konsumen, sebuah merk juga perlu untuk dipromosikan.

Cara yang ampuh dalam hal promosi adalah melalui sebuah website. Mengapa website? Meskipun banyak media sosial yang dapat digunakan dalam melakukan promosi secara gratis, namun nyatanya website tetap saja menjadi wadah yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis. Pasalnya, dengan memiliki sebuah website, usaha akan terlihat lebih profesional di mata konsumennya.

Dengan menggunakan website, proses promosi dan branding juga diyakini lebih efektif menggunakan website dibanding media marketing lain. Begini caranya agar berhasil membangun branding bisnis melalui website :

1. Perhatikan konten (teks dan gambar)

Konten di sini dapat berhubungan dengan berbagai hal, namun biasanya yang paling utama adalah teks dan gambar. Dalam membuat sebuah konten untuk website, perhatikan teks atau gaya penulisan anda. Usahakan untuk menulis dengan bahasa formal yang baik dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Memang hal ini tidaklah wajib tetapi karena anda juga dapat menggunakan bahasa yang non-formal asalkan itu masih baik dan informatif. Selain tulisan, anda juga perlu memperhatikan dalam hal posting gambar. Pilihlah gambar dengan kualitas baik untuk produk anda. Jangan terlalu banyak melakukan proses editing pada gambar karena itu akan membuat produk menjadi terlihat banyak dimanipulasi, dan akhirnya malah berujung kekecewaan dari konsumen karena foto dan produk aslinya ternyata berbeda.

2. Desain dan layout (logo, background, dan color)

Di bandingkan dengan blog, website biasanya memiliki tampilan yang lebih baik dilihat dari desain dan layoutnya. Di sinilah keunggulan jika anda menggunakan website, sebab anda dapat dengan mudah memilih dan membuat desain sendiri sesuai dengan tampilan yang anda inginkan. Buatlah desain dan layout yang sesuai dengan produk yang anda jual. Misalnya, anda adalah penjual mainan anak-anak maka anda dapat membuat desain dan layout dengan menggunakan perpaduan warna yang lebih variatif dan full color. Atau sebaliknya, jika anda menjual produk kaos metal yang biasanya lebih banyak didominasi warna hitam maka anda dapat menggunakan warna gelap sebagai backgroundnya.

3. Halaman yang informatif (profil bisnis, testimonial, dan kontak)

Ini merupakan bagian yang penting dalam membuat sebuah bisnis. Anda harus memberikan kejelasan mengenai profil perusahaan anda untuk menunjukkan keprofesionalan dari bisnis yang anda jalankan. Namun pada bagian profil ini, tidak perlu anda jelaskan secara berlebihan karena pembaca justur akan bosan. Selain profil perusahaan, anda juga dapat memasukan testimonial untuk membangun kepercayaan dari calon konsumen baru anda. Masukkan testimonial sejujur mungkin dan jangan sedikitpun melakukan manipulasi. Kontak juga bagian terpenting yang tidak bisa anda abaikan, berikan kontak yang lengkap untuk bisnis anda dan lakukan respon yang cepat.

4. Menggunakan aplikasi tambahan

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan membangun branding yang kuat adalah melalui email marketing. Email marketing dapat anda gunakan untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan secara lebih personal. Selain itu, anda juga dapat mengirimkan berbagai penawaran melalui email tersebut. Dengan melakukan sinkronisasi email marketing dengan website anda, maka segala proses interaksi yang terjadi laporannya akan segera masuk ke email anda. Jadi, anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi dengan pelanggan.