3 Tempat Menemukan Pelanggan Bisnis Anda

3 Tempat Menemukan Pelanggan Bisnis Anda

3 Tempat Menemukan Pelanggan Bisnis Anda

Di era serba teknologi ini, hampir sebagian besar orang dari berbagai kalangan sosial maupun umur, tidak dapat lepas dari teknologi yang bernama internet. Setiap orang hampir setiap menit dalam sehari pasti menggunakan internet. Entah itu untuk mencari informasi, hiburan, melakukan sosialisasi, berbisnis, hingga yang iseng belaka. Perkembangan teknologi internet sendiri, pastinya memiliki dampak positif dan negatif. Namun kita tidak perlu membahas dampak apa yang disebabkan oleh maraknya penggunaan internet karena artikel ini tidak sedang membahas mengenai hal itu. Tahukah anda mengenai online shop? Pastinya pengguna internet sudah cukup familiar dengan nama online shop. Online shop merupakan sebuah wadah baru bagi masyarakat yang ingin melakukan jual-beli melalui jaringan internet. Online shop pun lahir dari perkembangan internet tentunya. Saat ini, online shop telah menjadi bisnis yang menjamur khususnya bagi masyarakat Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk menarik minat pelanggan agar mau melirik online shop mereka. Selain mengandalkan promosi tentu pelaku bisnis online harus tahu di mana saja mereka bisa mendapatkan pelanggannya.

Inilah 3 tempat yang dapat membantu para pelaku bisnis online untuk menemukan pelanggannya :

1.  Newsletter

Meskipun tidak banyak digunakan dalam hal promosi, nyatanya newsletter mampu membuat online shop mendapatkan banyak pelanggannya di sini, jadi jangan remehkan media yang satu ini. Para pelaku bisnis yang menggunakan newsletter sebagai salah satu media promosi biasanya mengirim newsletter melalui permintaan dari para pengunjung website atau blog milik mereka, tentunya dengan persetujuan pemiliknya. Lalu apa saja yang dapat dimasukkan ke dalam newsletter? Newsletter dapat berisikan berbagai hal, misalnya promosi mengenai produk anda, penjelasan secara detil, katalog, bahkan informasi dan tips yang berkaitan dengan produk anda. Mereka yang tertarik dengan bisnis anda, dapat juga melakukan subcribe newsletter anda. nah, dari sanalah anda dapat mengontak mereka lebih lanjut dengan cara melakukan penawaran-penawaran melalui email atau nomor telepon mereka.

2. Blog

Meskipun saat ini pamor blog kalah jauh dibandingkan dengan website, nyatanya blog juga mampu menarik pelanggan bagi anda para pelaku bisnis. Secara tampilan, website memang terlihat lebih profesional dibandingkan dengan blog. Namun hal tersebut juga harus dibayar mahal oleh pengguna website. Sedangkan, blog masih menjadi media promosi yang dapat digunakan siapa saja secara gratis. Lalu bagaimana agar dapat menjaring pelanggan melalui blog yang kita miliki? Mudah saja. Anda hanya perlu membuat konten yang sesuai dengan bisnis anda. Agar dapat menarik minat pelanggan, konten tersebut haruslah menarik untuk dibaca. Dengan begitu pengunjung blog kamu pasti akan meninggalkan komentar. Dari sanalah kemudian akan terbentuk komunitas baru yang sesuai dengan bisnis anda. Komunitas ini akan dapat berkembang terus untuk kedepannya.

3. Media Sosial

Ini mungkin menjadi tempat nomor satu di mana para pelanggan anda bersarang. Sudah dapat dipastikan seluruh online shop menggunakan media sosial sebagai wadah untuk melalukan promosi sekaligus proses jual-beli. Jangan ditanya lagi kenapa harus media sosial, sudah jelas karena media sosial adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Meskipun tidak semua media sosial dapat menjadi media promosi yang ampuh namun media sosial seperti, facebook, twitter, instagram, tiktok, akan menjadi tempat promosi yang membuat bisnis anda cepat mendapat pelanggan baru.

Sebenarnya, selain ketiga tempat tersebut, masih banyak cara-cara lain yang dapat anda lakukan untuk melakukan promosi bisnis anda. Cara konvensional meskipun sudah banyak ditinggalkan tetapi masih juga tidak bisa begitu saja diremehkan, seperti promosi melalui selebaran, brosur, poster, mengikuti pameran dan bazar, atau juga melalui jaringan networking.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *